Usir Kantuk di Tempat Kerja

10 Jul 2009

Rasa kantuk bisa dibilang menjadi bagian tak terpisahkan di lingkungan kerja. Tanpa diundang dia bisa datang, bahkan di pagi hari di saat kebanyakan orang masih segar bugar. Apa yang harus dilakukan saat terserang kantuk berat?

Usahakan untuk mendapatkan cahaya yang terang, paling sedikit sebanding dengan cahaya di pagi hari. Cahaya yang lebih terang diyakini dapat mengurangi kantuk yang menyerang. Jadi jika rasa kantuk menyerang, hampiri jendela dan tataplah ke luar ruangan.
Pergilah ke rest room dan basuh wajah Anda dengan air beberapa kali hingga terasa segar. Kemudian belalakan mata lebar-lebar dan segera sadarkan diri bahwa Anda kini masih berada di kantor, bukan di rumah!
Simpan wewangian atau minyak aromaterapi yang dapat menambah semangat kerja, seperti bau-bauan mint atau jeruk. Wewangian ini dapat dipasang di ventilasi AC atau letakkan di meja di dekat ruangan kerja Anda. Bau-bauan yang segar akan merangsang penciuman dan mengurangi kantuk.
Nyalakan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian yang tidak teratur, seperti suara radio, musik, dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak, sebaliknya bunyi yang teratur seperti deru AC akan membuat Anda merasa mengantuk.
Lakukan olahraga ringan, seperti senam ringan dengan menggerakkan kepala, tangan, kaki atau berjalan-jalan santai di ruangan juga bisa Anda lakukan. Gerakan-gerakan yang cukup simultan dapat menghambat saraf kantuk.
Bila kantor Anda memiliki taman-taman indah, keluarlah sebentar dari ruang kerja dan pandanglah pohon-pohon hijau di taman. Niscaya mata akan menjadi segar kembali. Setelah itu kembalilah ke dalam ruangan dan lanjutkan aktivitas kerja Anda.


TAGS Usir Kantuk di Tempat Kerja


-

Author

Follow Me