SOS Karier Kandas

10 Jul 2009

Hampir setiap orang pernah membuat kesalahan fatal dalam hidupnya. Pada saat merasakannya, serasa dunia ini tak ada jalan keluar untuk sekedar menyembunyikan muka. Belum lagi cara kita menanggulangi musibah seperti itu, bisa membuat suasana semakin memburuk. Pahami cara membangun kembali karir yang nyaris ambruk dan tegaklah kembali.simak saran Rona Lichtenberg dalam bukunya Work Would Be If werent For The People (Hyperion).

Akui sajalah !
Ini memang bagian tersulit. Sudah menjadi naluri manusia untuk sebisa mungkin tidak mengakui kesalahan.Cara yang terbaik menurut Rona Lichtenber, adalah mengakui kesalahan Anda dan segera minta maaf. Jangan tunggu sampai bos bertanya atau mengajak Anda membahas kesalahan yang terjadi. Jelaskan segala sesuatunya tanpa harus banyak berkilah dan beralasan bermacam-macam. Beri keyakinan bahwa hal ini tak akan terjadi lagi. Kalau perlu tuangkan komitmen Anda secara tertulis.

Be part of the solution
Minta maaf itu perbuatan baik. Tapi di tengah kesalahan fatal yang baru saja Anda ciptakan, minta maaf saja tidak cukup. Ada sederet hal lain yang perlu dilakukan. Coba usulkan rencana detail Anda untuk menyelesaikan masalah ini. Katakan pada atasan dan kalau perlu buat tertulis. Komitmen Anda untuk segera merealisasikan rencana perbaikan tersebut dinantikan banyak orang. So, segera laksanakan. Jangan lupa untuk selalu membuat report tertulis atas segala kemajuan yang dicapai. Semua kerepotan ini adalah untuk menunjukan bahwa Anda merupakan orang yang pantas dipercaya.

Toh mereka akan lupa pada kejadian ini !
Jangan terlalu percaya pada kekuatan time healing! Kita harus berupaya untuk membuat mereka lupa. Kerja keras adalah jawaban untuk membangun kembali reputasi, yang sudah jatuh. Kerja keras tak selalu berarti kerja lembur sampai larut malam. Kerja keras lebih bermakna jika disertai kedua hal sebagai berikut: focused and committed. Bersikaplah kreatif, mencari berbagai cara untuk berjasa bagi perusahaan. Tunjukkan Anda pantas mendapat kesempatan kedua.

Jangan salah bersikap !
Usaha keras boleh saja, tapi jangan lupa dengan etiket. Etiket merupakan alat public relation yang handal. Be punctual. Karena tepat waktu bias menimbulkan image yang profesional. Berpakaian yang chic dan rapi, bertingkah laku profesional, menghindari gossip kantor dan jangan terpancing untuk salah omong!

Jangan putus asa
Anda sudah merasakan sendiri betapa susahnya menumbuhkan kepercayaan orang lain pada kita. Kepercayaan bukan barang gratis, tapi butuh harga yang mahal untuk mendapatkannya. Jika kehilangan kepercayaan butuh usaha ekstra untuk mendapatkannya kembali. Nah, beri waktu yang realistis pada diri Anda untuk mendapatkan kembali rasa percaya yang hilang. Jangan sekali sekali mengambil langkah yang justru membuat atasan kita makin yakin bahwa Anda tak dapat dipercaya. Usaha sudah keras tapi tak kunjung dipercaya? Give yourself a break. Segera cari pekerjaan baru!

Saat tepat untuk berkataI Quit!
Jika kesalahan yang dibuat memang sudah kebangetan, maka Anda butuh waktu yang lama lagi untuk keluar dari kantor itu. Bertahan dalam kondisi seperti itu sama saja dengan mencari perkara. Prinsip dasarnya tetap sama: akui kesalahan dan lihatkan pada khalayak bahwa Anda mendapat pelajaran yang berharga dari peristiwa itu. Ini jauh lebih baik dari pada menyembunyikan kesalahan.

Itu hak saya !
Ada mekanisme memecat karyawan, Anda tentu sudah mengetahuinya. Pelajari mekanisme itu. Kalaupun Anda dipecat dari pekerjaan, itu harus melewati banyak langkah. Surat peringatan boleh keluar bila Anda sudah diperingatkan secara lisan. Surat peringatan pun biasanya berjenjang. Adalah hak Anda untuk tahu mengapa menerima semua itu. Jadi, bertanyalah dan jangan menyerah begitu saja. Tentu tak disarankan untuk ngotot jika kesalahan Anda sudah terlalu jelas. Yang penting adalah kita tahu bahwa perusahaan bermain di rel aturan yang berlaku.

Pro aktif
Masa probation atau percobaan sering terjadi masalah. Dan masalah terbesar adalah probation berlalu tanpa ada tanda sama sekali. Kalau tak lulus probation, itu lain soal. Yang sering kita temui adalah masa probation selesai tanpa ada penilaian apapun. Ingat, harus ada seseorang dari manajemen yang menjelaskan pada kita penilaian terhadap hasil kerja kita. Kalau sampai satu bulan tetap tak ada apa-apa, bertanyalah! Be proactive!Kita punya hak untuk tahu hasil kerja kita dankeep up the good work!


TAGS SOS Karier Kandas


-

Author

Follow Me