Saat Wawancara

10 Jul 2009

Penampilan setiap individu merupakan faktor yang sangat penting dalam bekerja.Apalagi saat wawancara.impresi awal yang anda berikan sangat menentukan.Banyak hal yang perlu diperhatikan atau dihindari.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga, cobalah untuk datang sepuluh menit sebelum jadwal wawancara.Hal ini juga berguna untuk menguasai situasi dan menghindari acara grogi.
Cobalah untuk rileks.Hindari begadang malam sebelumnya agar anda tampil bugar.Sehari sebelumnya,siapkan pakaian dan perlengkapan yang perlu dibawa, supaya tidak panik saat hendak berangkat.
Berpakaian dengan rapi, bersih, jangan berkeringat.Pilih pakaian yang nyaman dikenakan (tapi bukan jeans plus T-shirt).
Jangan hindari kontak mata.Usahakan untuk menatap lawan bicara anda saat wawancara.
Bersikap percaya diri.
Jawab pertanyaan dengan tenang, hindari memotong kalimat si penanya atau memaksakan sesuatu.Jawab pertanyaan yang ditanyakan.Jangan buat jawaban anda melebar ke hal-hal yang tidak perlu.
Jangan bersikap menggurui atau sok tahu.Tapi jangan juga mengesankan anda tidak tahu apa-apa.
Gunakan bahasa saya untuk membahasakan diri sendiri.Jangan menggunakan aku atau nama sendiri.Aku berkesan angkuh, sedang menggunakan nama sendiri memberi kesan kekanak-kanakan.
Hindari bahasa populer atau bahasa gaul.pergunakan bahasa dengan baik dan benar.Sebaiknya hindari penggunaan istilah-istilah asing terlalu banyak( kecuali jika diminta atau diperlukan daam pekerjaan yang anda lamar)
Jangan kelihatan sibuk sendiri, seperti menggoyang-goyangkan kaki, atau menggerak-gerakkan pulpen.Bila demikian, anda akan terlihat tidak dapat menguasai diri.
Jangan masukkan tangan anda dalam saku baju atau celana, tapi letakkan diatas pangkuan anda
Jangan plin-plan dalam memberikan opini atau jawaban
Persiapkan diri untuk pertanyaan yang aneh seperti:Apa yang membuat anda marah?Atau diminta menceritakan satu lelucon.Seringkali jawaban anda daapt dinilai secara psikologis oleh penanya.
Berani menolak bila ada hal-hal yang tidak berkenan bagi anda.


TAGS Saat Wawancara


-

Author

Follow Me