Menyelamatkan Karier Dari PHK

10 Jul 2009

Perekonomian sulit biasanya memicu terjadinya PHK.Pada saat berada dalam kondisi survival,perusahaan lebih memfokuskan diri untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek,bukan jangka panjang.Sebagai konsekuensinya, banyak perusahaan yang memangkas beberapa posisi.

Simak beberapa tipe karyawan yang pertama masuk dalam daftar PHK.Pelajari agar anda tak salah bersikap sehingga karer pun selamat

Yang suka menarik perhatian di meeting.Mereka yang sering mengajukan ide gila.Saat krisis, tak ada yang tetarik mendengar ide seperti ini.
Yang suka mengadu pada atasan.Mereka tak punya karakter team player atau berjiwa inovasi.Padahal dua sifat ini haris anda miliki sebagai karyawan teladan.
Yang suka bergosip.Mereka yang sering membesar-besarkan dan mendramatisir masalh pasti jadi incaran PHK.
Yang namanya ditulis di top-list PHK.Biasanya perusahaan selalu mempertahankan karyawan yang punya kemampuan menjual, apalagi jika ditunjang dengan pendidikan yang memadai.
Yang namanya dicoret dari daftar bonus.Mereak yang tak bisa memberi laba pada perusahaan.Posis strategis tak boleh membuat anda lengah karena senioritas bukan jaminan keamanan kerja.Tak jarang perusahaan memilih untuk men-cut staff senior bergaji tinggi danmempertahankan eksekutif muda dengan gaji yang lebih kecil.

Strategi Penyelamatan
Bersikapalah fleksibel..Artinya, jangan terpaku pada job descriptions posisi tersebut.Segera temui atasan, kemukakan anda juga punya kemampuan yang bisa diterapkan di luar departemen.misalnya, anda menguasai bidang marketing atau kehumasan, anda punya keahlian interpersonal untuk mendukung tim departemen sales..Atasan anda akan memberikan predikat pegawai multifungsi
Kemukakan ide-ide relevan yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan, yang membantu meningkatkan produktivitas karyawan.Ini akan memberikan point tambahan anda sebagai the problem solver.
Tunjukkan laporan kerja anda selama ini, lengkap dengan detail program kerja yang sedang anda kerjakan.Buat laporan tertulis yang menunjukkan anda sudah berpartisiapsi melakukan penghematan atau menurunkan cost perusahaan.
Jangan segan-segan untuk belajar dari lingkungan professional.Anda bisa bertanya pada rekan kerja yang punya pengalaman lebih banyak untuk hal-hal yang belum anda ketahui.Saat punya ide besar, segera tunjukkan langsung pada atasan.
Hindari lembur.Pada saat krisis,lembur justru sering diartikan bekerja tak efisien.Perusahaan justru merasa dirugikan karena harus membayar ongkos ekstra listrik,telepon, dan uang lembur.


TAGS Menyelamatkan Karier Dari PHK


-

Author

Follow Me