Menghalau Kejenuhan Bekerja

10 Jul 2009

Anda kewalahan atau bosan pada pekerjaan?, Bisa jadi karena anda mengalami kejenuhan kerja. Untuk mengatasi, cari tahu penyebabnya.

Jika pekerjaan anda semakin hari semakin menyebalkan,jangan langsung menuding pekerjaan sebagai biang keladinya. Kemungkinan justru diri anda sendiri yang bermasalah. Pertimbangkan baik-baik, ada kemungkinan anda sedang mengalami kejenuhan bekerja.
Menurut para dokter dan konsultan karir, yang terpenting adalah menemukan keseimbangan abtara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Kejenuhan merupakan pertanda ketidakseimbangan hidup. Anggaplah ini sebagai kode anda harus mulai introspeksi dan melakukan penyesuaian diri, saran Monica Spiro, seorang psikolog dari Cape Town.
Berikut adalah 3 penyebab utama kejenuhan, beserta solusi yang disarankan spiro.

1. Stres
Bila terpaku pada karir, energi anda untuk hal-hal lain akan tertinggal sedikit. Dan kecil sekali kesempatan anda untuk memiliki gaya hidup yang seimbang. Cobalah dengan mengubah gaya manajemen yaitu dengan menyusun agenda yang realistis dan dorongan spontan. Pendekatan ini akan meningkatkan lingkungan kerja dan citra diri anda.
Begitu ambisi kerja berkurang, dengan sendirinya energi untuk mempertahankan kehidupan pribadi anda akan lebih meningkat. Kalau anda sudah berusaha melakukan yang terbaik tapi masih gagal, jangan ragu untuk segera mencari pekerjaan lain.

2. Kelelahan
Situasi ini bisa terjadi pada orang yang merasa kebutuhannya tidak pernah tercukupi. Ini halbiasa, tapi sulit diatasi tanpa perubahan pikiran secara total. Anda perlu lebih fokus pada diri anda sendiri. Berani mengatakan tidak, dan bersikap lebih selektif terhadap tawaran yang datang.
Ketakutan anda tentang reputasi diri sama sekali tidak beralasan. Bisa jadi orang malah lebih excited menanti kehadiran anda kembali setelah menghilang beberapa saat. Biasanya orang selalu menginginkan sesuatu yang tidak bisa mereka miliki. Atau lebih menghargai hal yang sulit didapat. Cobalah bersantai sejenak selama beberapa minggu untuk mengisi kembali energi hidup anda. Dijamin anda tidak bakal menyesal seumur hidup.

3. Kejenuhan emosi
Perlu diingat tanggung jawab utama anda adalah terhadap diri anda sendiri. Mulai tetapkan batasan-batasan tertentu> Baik secara praktis, pergi bila memang anda harus segera pergi. Juga secara emosional, dengan memastikan ada seseorang yang bisa anda ajak bicara sebagai seorang penasehat atau ahli terapi. Jika belum bisa mendamaikan pekerjaan dengan kehidupan anda, mungkin inilah saatnya untuk mencari pekerjaan lain. Kita semua pasti punya kelebihan dan kekurangan yang menjadi bagian dari diri kita.
(source:Majalah Kosmopolitan)


TAGS Menghalau Kejenuhan Bekerja


-

Author

Follow Me