bom nuklir fat man

2 Jul 2009

Fat Man merupakan kode bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, 3 hari setelah pemboman nuklir pertama di Hiroshima. Nama ini diambil sesuai desain bom yang digunakan, model Fat Man. Senjata ini merupakan implossion-type dengan inti plutonium.
Bom ini diledakkan pada ketinggian 550 m di atas permukaan tanah. Diangkut dengan pesawat B-29 Bockscar, bom ini diperkirakan memiliki daya ledak setara dengan 20 kiloton TNT.

Bom ini memiliki panjang 3.25 m, diameter 1.52 m dan berat 4630 kg. Bom ini memiliki beberapa lapisan peledak dimana pada pusat bom terdapat plutonium dalam keadaan sub-kritis, dalam ruang kosong, yang dikelilingi oleh bahan peledak jenis high-explosive. Sejumlah detonator diletakkan pada permukaan bahan peledak yang dipicu serentak. Ledakan yang dihasilkan menghasilkan tekanan ke pusat bom, sehingga kerapatannya meningkat. Peristiwa ini akan memicu plutonium di inti bom berubah menjadi super kritis dan reaksi berantai pun terjadi menghasilkan ledakan nukir.

______________________________________
ENGINEERING CENTER UNIVERSITAS INDONESIA


TAGS bom nuklir fat man


-

Author

Follow Me